7 LOKASI SURFING TERBAIK DI DUNIA

Buat yang tinggal di negara tropis dengan banyak pantai seperti Indonesia, surfing pastinya sudah tidak asing lagi. Walaupun tidak sepopuler diving, tapi olahraga surfing tetap punya penggemar setia. Buat yang suka surfing atau baru mau belajar surfing, berikut ini 7 lokasi surfing terbaik dunia untuk memotivasi kamu.
Gold Coast, Australia
Surfing di Gold Coast
Baru-baru ini, Gold Coast dinobatkan sebagai lokasi surfing terbaik ke-8 di dunia oleh Save the Waves. Karena Gold Coast relatif dekat dan terjangkau dari Indonesia (cek harga tiket pesawat ke Gold Coast), kenapa tidak coba berselancar di sana?
Gold Coast Surfing 2
Garis pantai sepanjang 16 kilometer bebas kamu jadikan lokasi surfing selama di Gold Coast. Ada 4 pantai favorit untuk jadi lokasi surfing, yaitu The Spit, Main Beach, Pantai Narrowneck, Palm Beach dan Pantai Mermaid. Di dekat pantai-pantai tersebut, banyak akomodasi yang bisa disesuaikan dengan budget kamu juga, lho!
Mentawai, Indonesia
Mentawai Surfing
Banyak lho wisatawan asing yang jauh-jauh ke Mentawai hanya untuk surfing
Pantai di sebelah barat Sumatera ini sudah terkenal jadi surganya peselancar. Enaknya lagi, karena nggak banyak wisatawan yang datang ke mari, pantai-pantainya bersih dan sepi! Ada Pantai Siberut, Sipora, Pagi Utara, dan Selatan Pagi yang bisa kamu kunjungi untuk berselancar. Menuju ke pantai-pantai tersebut bisa dengan kapal ferry atau menyewa perahu nelayan.
Bali, Indonesia
Lembongan Surfing
Di Lembongan, ombak seperti ini sudah menanti kamu!
Nah, kalau Bali cocok untuk semua tipe peselancar karena jenis ombaknya macam-macam. Ada ombak kecil untuk pemula, ada juga ombak besar untuk profesional. Spot surfing yang terkenal antara lain, Canggu, Kuta, Uluwatu, sampai Padang-Padang, Kalau mau cari spot-spot surfing di pulau sekitar seperti Nusa Lembongan juga bisa. Disesuaikan saja dengan kemampuan kamu berselancar.
Florida, Amerika Serikat
Florida Surf Board
Barisan papan selancar di Jacksonville Beach, Florida.
Bicara selancar, berarti bicara Florida. Ada sebuah pantai bernama Cocoa Beach yang memiliki ombak dan suhu konsisten. Tinggi ombak sekitar 1-1,5 meter, sedangkan suhu air tidak pernah turun di bawah 16 derajat Celcius. Cuaca di sana juga tidak terlalu dingin dengan kisaran 22 derajat Celcius.
Sao Paolo, Brazil
Ubatuba Brazil
Ubatuba, the surf capital of Sao Paolo.
Ubatuba yang terletak di sebelah tenggara Sao Paolo dijuluki sebagai “The Surf Capital of Sao Paolo” karena setidaknya ada 10 kompetisi surfing yang diselenggarakan di sini setiap tahun. Ubatuba sendiri melingkupi 100 lebih pantai dengan karakteristik ombak berbeda-beda. Dari sekian banyak pantai, yang patut dicoba adalah Maranduba, Lázaro, Itamambuca, Vermelha, Grande, Enseada, Perequê, dan Saco da Ribeira.
Byron Bay, Australia
shutterstock_216377230
Berjarak 2 jam dari Brisbane, Byron Bay sudah menjadi destinasi peselancar dunia sejak 10 tahun terakhir. Bentuk geografisnya yang unik menghasilkan banyak pantai dengan tipe ombak bermacam-macam. Byron Bay sendiri berbentuk tanjung yang menyerupai tanduk. Nah, di sepanjang tanduk tersebut, ada barisan pantai yang bisa kamu cobain buat surfing. Di sana juga banyak komunitas surfing dan surfing camp untuk kamu bertukar cerita dan pengalaman.
Canary Islands, Spanyol
Playa de Las Teresitas Canary Islands
Playa de Las Teresitas, Canary Islands yang terkenal sebagai spot surfing musim dingin
Terakhir, Canary di Spanyol. Kepulauan Canary sejak dulu dikenal sebagai tempat kabur dari musim dingin Eropa. Banyak yang bilang, Canary mirip Hawaii karena dari pantai kamu bisa lihat barisan pegunungan vulkanik. Coba ke Fuerteventura, Lanzarote, Tenerife, dan Gran Canaria untuk surfing trip kamu di Spanyol.
Gimana, jadi termotivasi buat belajar surfing dan keliling dunia buat menunggang ombak, nggak?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FANTASY SURFER: PORTUGAL PREVIEW

Wales, the Epic Land!

Manfaat Olahraga Surfing